PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN CANVA

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Penulis

  • Siti Ramadhani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim
  • Nurhapiza Nurhapiza

DOI:

https://doi.org/10.37030/jit.v7i2.147

Kata Kunci:

canva, media pembelajaran, multimedia, tik

Abstrak

Pendidikan  merupakan suatu unsur yang tidak dapat dipisahkan dari diri manusia. Madrasah Tsanawiyah (MTs) merupakan jenjang sekolah yang tingkatnya sejajar dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) umum. Guru di MTs Nurul Ikhlas Tabing  masih mengajar dengan menjelaskan di depan kelas, menulis di papan tulis dan belum ada memanfaat teknologi dalam proses belajar mengajar. Salah satu yang harus menjadi pemikiran guru adalah bagaimana menjadikan pelajaran sebagai suatu yang disenangi dan diminati oleh peserta didik. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki peran penting yang meningkatkan ketrampilan siswa dalam bidang teknologi, Masalah yang dihadapi adalah siswa kurang bersemangat dan bosan dalam mempelajari mata pelajaran TIK, guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan materi TIK karena mata pelajaran TIK bukan hanya tentang teori tetapi juga praktik dan juga keterbatasan alat media di MTs Nurul Ikhlas Tabing. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis merasa sangat penting untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Media pembelajaran berbasis multimedia merupakan alat pendukung pembelajaran yang mampu mempresentasikan informasi dengan beberapa media komunikasi yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar, dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa

Referensi

Baharuddin, Halimah, A., Nursalam, & Mattoliang, L. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia The Development Of Multimedia-Based InteractiveLearning Media. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 97–110.
Endoh, J. T. G., Rompas, P. T. D., & Heydemans, C. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(19), 528–541.
Fikhri, M., Okra, R., Musril, H. A., & Khairuddin. (2022). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TIK KELAS XI BERBASIS MULTIMEDIA DI MAS ASY-SYARIF KOTOLAWEH. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 461–470.
Islami, A. A., & Ramadhani, S. (2021). Rancang Bangun Sistem Pendataan Hardware. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 412–418. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.300
Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64.
Muhammad, D. D. H. S. R.?; (2021). Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Warehouse / Pergudangan Terpadu Pada PT. Sejahtera Mandiri Pekanbaru Deny. Jurnal Intra Tech, 1(2), 24–32.
Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 179–185.
Pebriyanti, I., Divayana, D. G. H., & Kesiman, M. W. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII Di SMP Negeri 1 Seririt. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 50. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.31110
Ramadhani, S. (2021). A Review Comparative Mammography Image Analysis on Modified CNN Deep Learning Method. Indonesian Journal of Artificial Intelligence (IJAIDM), 4(1), 54–61.
Ramadhani, S., Azzahra, D., & Z, T. (2022). Comparison of K-Means and K-Medoids Algorithms in Text Mining based on Davies Bouldin Index Testing for Classification of Student’s Thesis. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 13(1), 24–33. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v13i1.9292
Rasyid, M., Azis, A. A., & Saleh, A. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7, 69–80.
Sanusi, N. I., Ramadhani, S., & Irsyad, M. (2023). Analisa Gambar X-Ray Mammography dengan Convolution Neural Network pada Deep Learning dengan Arsitektur Resnet. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 4(4), 604. https://doi.org/10.30865/json.v4i4.6365
Saputra, M. R., Ramadhani, S., & Baru, S. (2021). Sistem informasi bantuan dana hibah operasional rumah ibadah kabupaten bengkalis. Jurnal Teknologi Dan Informasi Bisnis, 3(1), 148.
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487
Syah Maulana Ramadhan; Siti Ramadhani; Tomi Z; (2022). Perancangan Website Masyarakat Peduli Sampah Kelurahan Ratu Sima. Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Eksakta, 01(01), 40–49.
Teguh Waluyo. (2013). Pembangunan Media Pembelajaran Peralatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Pati Berbasis Multimedia Interaktif. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA, 2(1), 1–9.

Diterbitkan

31-10-2023

Cara Mengutip

Ramadhani, S., & Nurhapiza, N. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN CANVA: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Journal Intra Tech, 7(2), 11–21. https://doi.org/10.37030/jit.v7i2.147

Terbitan

Bagian

Articles