PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LOWONGAN KERJA BERBASIS WEB
AMIK Tri Dharma Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.37030/jit.v6i2.132Kata Kunci:
Informasi, Lowongan Kerja, PHP, Sistem, WebAbstrak
Informasi lowongan kerja merupakan hal penting yang dibutuhkan para pencari kerja untuk mendapatkan informasi terkait pekerjaan yang sedang mereka cari atau butuhkan. Informasi lowongan kerja bisa diperoleh dari berbagai media yang ada. Adapun sistem recruitmen sebelumnya masih menggunakan metode seleksi manual menggunakan berkas. Upaya menyajikan informasi lowongan kerja menggunakan website peneliti merancang sebuah system informasi lowongan kerja berbasis web. Yang di harapakan dapat membantu meningkatkan kemudahan para pencari kerja dan perusahaan. Untuk dapat diimplementasikan secara nyata diawali dengan melakukan analisis kebutuhan sistem untuk mendapatkan informasi mengenai profil Dinas Tenaga Kerja Pekanbaru.Salah satu media informasi berbasis internet yang dapat dimanfaatkan adalah situs web yang manfaatnya dapat diakses oleh pengguna untuk me ndapatkan dan memenuhi kriteria lowongan kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau lembaga yang membutuhkan karyawan.Pengembangan sistem informasi ini menggunakan dengan bahasa pemodelan UML(Unified Modeling Language).Untuk pemrograman menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MYSQL sebagai server basis data. Sistem informasi ini berbasis web, yang memiliki media penyimpanan terpusat di server database sehingga integritas data terjamin. Secara garis besar, sistem ini meliputi pendaftaran bagi perusahaan dan menginput lowongan kerja di form yang telah tersedia, setelah perusahaan menginputkan lowongan kerja admin menyeleksi lowongan yang terpercaya, lowongan kerja yang setujui admin maka akan tampil di menu home yang dapat di lihat oleh pengguna pencari kerja.
Referensi
Al Rizqi, F., Jadmiko, S. W., & Sunarto, S. (2021). Rancang Bangun Pengendali Pintu Garasi Otomatis Berbasis Arduino Melalui Aplikasi Smartphone. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 12, 85–89.
Anggara, A., Rahman, A., & Mufti, A. (2018). Rancang Bangun Sistem Pengatur Pengisian Air Galon Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega328P. Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, Dan Elektro, 3(2), 90–97.
Arpianto, R., Priyatman, H., & Suryadi, D. (2015). Rancang Bangun Alat Identifikasi Nominal Uang Kertas Untuk Tunanetra Berbasis Arduino Mega 2560 Dengan Ouput Suara. Jurnal Kelitbangan, 03(03), 212–225.
Aryani, D., Iskandar, D., & Indriyani, F. (2018). Perancangan Smart Door Lock Menggunakan Voice Recognition Berbasis Rapberry Pi 3. Journal CERITA, 4(2), 180–189. https://doi.org/10.33050/cerita.v4i2.641
Asmara Rini. (2016). SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PENANGGULANGAN BENCANA PADA KANTOR BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Science of Surverying and Mapping, 41(2).
Bate, P. Y., Sartika Wiguna, A., & Aditya Nugraha, D. (2020). KURAWAL Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri. KURAWAL Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 3(1), 81–92. Retrieved from https://jurnal.machung.ac.id/index.php/kurawal
Hakim, D. P. A. R., Budijanto, A., & Widjanarko, B. (2019). Sistem Monitoring Penggunaan Air PDAM pada Rumah Tangga Menggunakan Mikrokontroler NODEMCU Berbasis Smartphone ANDROID. Jurnal IPTEK, 22(2), 9–18. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2018.v22i2.259
Hartadi, A. P., Salmon, A., Lumenta, M., Mourits, A., Teknik, R., Manado, S. R., … Kendali, A. S. (2020). Perancangan Sistem Kendali Penerangan Dan Peralatan Listrik Melalui Media Nirkabel HC-05 Berbasis Android. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 1(1), 1–8.
Herlambang, S. (2021). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap minat belajar mahasiswa melalui media online di masa pandemi covid-19. Optimal, 18(1), 12–26. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001
Hidayanto, D. K., Rosid, R., Nur Ajijah, A. H., & Khoerunnisa, Y. (2021). Pengaruh Kecanduan Telpon Pintar (Smartphone) pada Remaja (Literature Review). Jurnal Publisitas, 8(1), 73–79. https://doi.org/10.37858/publisitas.v8i1.67
Kurnia Putra, A., Fidiyanto, F., Prakoso, B., Zandy Armantya, R., Khasan Sandi, M., & Hari Saputro Al Haris, F. (2019). ) 1), 2), 3), 4), 5), 6) Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan. Universitas Sahid Surakarta Jl. Adi Sucipto, 12(2), 743494.
Kurnia, Y., & Sie, J. L. (2019). Prototype of Warehouse Automation System Using Arduino Mega 2560 Microcontroller Based on Internet of Things. Bit-Tech, 1(3), 124–130. https://doi.org/10.32877/bt.v1i3.78
Maklumatika, J. (2019). PROTOTYPE SISTEM INFORMASI PEMESANAN DAN PENJUALAN JASA FOTO BERBASIS E-COMMERCE Program Studi Teknik Informatika STMIK Raharja Abstrak Kemajuan di bidang teknologi , komputer , dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet , hal tersebut d, 5(2), 140–150.
Michael, D., & Gustina, D. (2019). Rancang Bangun Prototype Monitoring Kapasitas Air Pada Kolam Ikan Secara Otomatis Dengan Menggunakan Mikrokontroller Arduino. IKRA-ITH Informatika, 3(2), 59–66. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/319
Muslihudin, D. (2018). IMPLEMENTASI APLIKASI RUMAH PINTAR BERBASIS ANDROID DENGAN ARDUINO MICROCONTROLLER. Jurnal Keteknikan Dan Sains, 1(1), 23–31.
Nurul Isna Ganggalia, Apri Junaidi, F. M. W. (2019). Prototype Alat Pengendali Lampu dengan Perintah Suara menggunakan. Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi, 3(3), 389–394.
Pattiapon, D. R., Rikumahu, J. J., & Jamlaay, M. (2019). Penggunaan Motor Sinkron Tiga Phasa Tipe Salient Pole Sebagai Generator Sinkron. Jurnal Simetrik, 9(2), 197. https://doi.org/10.31959/js.v9i2.386
Rusdi, M., & Yani, A. (2018). Sistem Kendali Peralatan Elektronik Melalui Media Bluetooth Menggunakan Voice Recognition. JET (Journal of Electrical Technology), 3(1), 27–33. Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jet/article/view/292
SADI, S., & MULYATI, S. (2019). Monitoring Suhu Ruangan Menggunakan Modul Hc 05 Berbasis Android, 8(2), 2–7.
Susanto, F., & Syafnidawati, S. (2018). Fast Tracking of Detection Offenders Smoking Zone Menggunakan Sensor MQ-2 Berbasis Internet of Things. Jurnal ULTIMA Computing, 10(1), 5–8. https://doi.org/10.31937/sk.v10i1.749